Jejak Dendam Kesumat Rudolf Tobing Hingga Nekat Bunuh Icha

Gadingnews.com, Jakarta–Christian Rudolf Tobing (36) mengaku menyimpan dendam hingga nekat membunuh temannya, Ade Yunia Rizabani atau Icha (36). Rudolf Tobing merasa dikhianati setelah Icha dan temannya yang lain, perempuan inisial S, berfoto bersama dengan pria inisial H.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, Tersangka mengaku sakit hati. Tersangka menyimpan dendam terkait masalah di circle pertemanan mereka,” ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (21/10).

Meski begitu, Hengki mengatakan tim penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya masih melakukan pendalaman terhadap tersangka. Pasalnya, ada sejumlah barang milik korban yang hilang.

“Penyidik masih mendalami masalah motif ini, karena ada barang-barang korban yang hilang,” ungkapnya.

Hubungan Pertemanan antara Rudolf dengan Icha, S dan H

Hengki mengatakan Rudolf Tobing tadinya berteman dengan Icha, S, dan H. Mereka berteman sudah sejak lama dalam satu komunitas.

“Cuma kemudian, si tersangka ini bermusuhan sama pria inisial H,” kata Hengki.

Awalnya, pertemanan mereka baik-baik saja. Tetapi kemudian berubah ketika Rudolf dan H terlibat kerja sama jual-beli handy talkie (HT).

“Namun si tersangka ini menyimpan dendam karena ada masalah sama H ketika si R sama H ini ada semacam kerja sama jual-beli HT. Si R ini merasa dicurangi,” ujar Hengki.

Rudolf Merasa Dikhianati

Terpisah, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawieny Panjiyoga mengungkapkan, sejak kerja sama gagal itu, Rudolf dan H bermusuhan.

“Suatu waktu, temannya yang si S ini menikah. Si tersangka ini sakit hati karena Icha diundang, si H diundang, kok dia enggak diundang,” tutur Panji.

Panji tidak menjelaskan kapan S ini menikah. Namun, sejak saat itu, Rudolf merasa sakit hati karena menganggap S dan I sudah berkhianat.

“Sejak saat itu si tersangka ini merasa dikhianati oleh korban dan teman-temannya itu,” ujar Panji.

Sejak Maret 2022, Rudolf merencanakan pembunuhan. Rudolf tadinya menargetkan ketiga temannya untuk dibunuh.

Rudolf Targetkan 2 Teman Lainnya untuk Dibunuh

Polisi mengungkap fakta baru terkait pembunuhan Ade Yunia Rizabani atau Icha (36) yang dilakukan tersangka Christian Rudolf Tobing (36). Selain Icha, Rudolf rupanya mengincar dua teman baiknya di komunitasnya sebagai target untuk dibunuh.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan Icha sebetulnya bukan target utama Rudolf untuk dibunuh. Rudolf awalnya menargetkan untuk membunuh teman pria berinisial H dan S.

Hengki menyampaikan, Rudolf, Icha, H, dan S sebetulnya berteman. Mereka tergabung dalam satu komunitas.

“Korban yang jadi target utama itu yang inisial H, tapi yang bersangkutan sulit dihubungi,” kata Hengki kepada wartawan, Jumat (21/10).

Hengki mengatakan, setelah membunuh Icha, Rudolf Tobing tadinya akan menargetkan H dan S untuk dibunuh.

“Kalau saja dia tidak tertangkap di kasus ini, dia bisa saja membunuh dua target lainnya,” tuturnya.

Secara terpisah, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indriwienny Panjiyoga mengatakan Rudolf sempat mencoba menemui H. Tersangka saat itu menghubungi adik H untuk mengetahui keberadaan temannya tersebut.

“Pelaku coba menghubungi calon korban (H) melalui adiknya, namun responnya kurang sehingga pelaku bergerak ke target berikutnya yaitu korban I (Icha),” terang Panjiyoga.

Rudolf Bunuh Icha

Salah satu target lainnya merupakan S. Namun saat itu S sedang berada di luar kota.

Hingga akhirnya, Rudolf memilih Icha untuk dibunuh. Menurutnya Icha adalah target yang paling lemah.

“Karena H di Bali dan S juga di Semarang, jadi dia akhirnya membunuh I ini. Tersangka menilai korban I ini dekat dengan pelaku dan pelaku tahu bagaimana mengajak korban dengan cara bikin podcast bersama,” ucap Panjiyoga.

Awalnya, Icha diajak oleh Rudolf ke apartemen di Jakarta untuk seolah-olah mengajak podcast. Setibanya di lokasi, Icha malah dibunuh oleh Rudolf.(**)

Pos terkait