Wawali Makassar Minta OPD Fokus Wujudkan Program Prioritas

Wawali Makassar Minta OPD Fokus Wujudkan Program Prioritas
Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, membuka resmi Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar 2023 yang diadakan di Hotel Claro, Senin (13/3/2023).

GADINGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Wali Kota (Wawali) Makassar, Fatmawati Rusdi, membuka resmi Forum Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar 2023 yang diadakan di Hotel Claro, Senin (13/3/2023).

Forum Lintas OPD ini merupakan upaya sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dalam rangka merumuskan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi OPD masing-masing.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Fatmawati menekankan beberapa poin penting yang harus diperhatikan seluruh OPD yang hadir.

Pertama, tiap OPD diwajibkan menyusun rencana kerja (eenja) untuk perencanaan 2024 yang bersinergi dengan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD).

Kedua, OPD diharapkan mampu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari rencana strategis OPD 2021-2026.

Ketiga, Fatmawati meminta agar seluruh OPD untuk terus meningkatkan upaya pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pada 2024 mendatang.

Rancangan renja OPD hasil Forum Lintas OPD akan menjadi bahan penyempurnaan rancangan RKPD Makassar 2024 untuk selanjutnya dibahas di dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat kota.

“Forum ini gunanya untuk saling berembuk program kerja di masing-masing bagian. Olehnya itu, saya harap kegiatan ini bisa selaras dengan visi misi kami untuk masyarakat Makassar,” ujarnya,

Selain itu, Fatmawati mengungkapkan agar seluruh OPD memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebagaimana termuat dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Saya mengingatkan kepada sejumlah perangkat daerah yang melaksanakan proyek-proyek strategis seperti pembangunan Makassar Government Centre (MGC), pembangunan Makassar Core City Arena (Macca), dan Sirkuit Internasional, serta pembangunan sekolah terintegrasi agar dapat segera mempercepat seluruh proses administrasi,” paparnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman, menambahkan output dari kegiatan ini, yakni pendataan prioritas program kinerja dan sasaran serta prakiraan sumber pendanaan.

“Program yang nantinya dirangkum kita coba lihat yang mana yang menjadi prioritas. Anggaran juga harus diperhatikan karena semua program kerja harus mengacu pada ketersediaan anggaran,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri pimpinan perusahaan daerah (perusda) se-Makassar, OPD, camat se-Makassar, kepala bagian dan kepala bidang lingkup Pemkot Makassar. Selain itu, menghadirkan para tim ahli Pemkot Makassar sebagai narasumber.

Pos terkait