Aliansi Nelayan Pappalimbang Lakukan Demo Tolak Penghapusan BBM Premium

Peserta Aksi Aliansi Nelayan Pappalimbang Demo Tolak Penghapusan BBM Premium di Jl. Garuda I, Kota Makassar, Senin (29/11/2021).

GadingNews.Info, Makassar – Aliansi Nelayan dan Pappalimbang (Penyeberangan antar pulau) melakukan aksi demonstrasi, (29/11) terkait penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di depan kantor Pertamina, Jl. Garuda I, Kota Makassar.

Dalam aksinya, mereka mengecam regulasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap penghapusan BBM Premium yang tidak pro terhadap masyarakat kecil terkhusus para nelayan.

Bacaan Lainnya

Husnul Mubarak, salah satu peserta aksi mengatakan bahwa pemerintah dan pihak pertamina mesti mempertimbangkan daya beli masyarakat kelas kecil jika menghapuskan BBM Premium.

” Ada banyak keluhan dari masyarakat kecil akibat regulasi yang di terbitkan oleh pemerintah terkait penghapusan bbm premium. Karena pada dasarnya di Kota Makassar sendiri tingkat perekonomian masyarakat masi dalam keadaan pemulihan (recovery) dan belum seutuhnya mampu untuk membeli atau menggunakan jenis bahan bakar lain seperti Pertalite,” Ungkap Husnul dalam orasinya, Senin (29/11/2021)

Lanjut kata Husnul, yang juga sebagai Ketua di Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) PP Kota Makassar, terkusus disektor kelautan ada banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan kapal.

“Kapal yang digunakan para nelayan di Makassar rata-rata buatan tahun 60-an dan belum mampu menggunakan BBM Pertalite. Mengingat harga jual jenis bbm tersebut masi sangat mahal,” terangnya.

Terpisah, PT Pertamina (Persero) membantah kabar bahwa BBM jenis Premium akan dihapus dan akan diganti dengan Pertalite di seluruh Indonesia.

“Tidak benar informasi yang menyebutkan bahwa Premium akan dihapus di seluruh Indonesia,” ungkap Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman yang dikutip dari liputan6.com.

Dia menjelaskan, hal itu sesuai dengan regulasi Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 dan Peraturan Presiden nomor 43 tahun 2018, Premium merupakan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dan Pertamina berkomitmen menjalankan penugasan tersebut dengan tetap menyalurkannya sesuai ketentuan.(*)

Pos terkait