Pangdam XIV/Hasanuddin dan Kapolda Sulsel Pastikan Kondisi Makassar Kondusif Pasca Penyerangan Polres- Polsek

GADINGNEWS, MAKASSAR – Pangdam XIV/ Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso memastikan kondisi Makassar sudah kondusif pascapenyerangan Polres Pelabuhan Makassar, pos polisi lalu lintas, hingga Polsek Pelabuhan. Keduanya juga meminta peran serta masyarakat agar kondusifitas itu bisa dipertahankan.

Mayjen Totok menegaskan komitmen pihaknya menjaga kondusifitas Kota Makassar. Dia mengatakan penyelesaian dengan baik terhadap masalah antar oknum institusi ini sudah disosialisasikan ke jajaran TNI.

Bacaan Lainnya

“Dan saya untuk menguatkan bagaimana sinergitas kita sudah sampaikan kepada seluruh jajaran TNI dan kita sudah sampaikan teman-teman dari divisi, dari angkatan laut, udara, untuk semuanya sudah kita beri tahu (permasalahan ini) sudah selesai,” kata Mayjen Totok.

Dia memastikan tak kan ada jajaran TNI yang bertindak di luar kontrol. Dia juga mengingatkan sinergitas TNI dan Polri memang sudah dibangun sejak lama.

“Jadi tidak ada yang keluar tidak ada yang bertindak di luar dari kontrol dari pimpinan. Dan hari ini Alhamdulillah sudah dengan Pak Kapolda, tapi bukan hanya hari ini, dari kemarin kita sudah cepat untuk mengatasi malam hari itu kita kerja sama di lapangan memberi tahu mereka bahwa apa yang dilakukan itu mengganggu keamanan dan kenyamanan dan nantinya bisa ditunggangi oleh isu-isu politik yang mana situasi kita saat ini sudah berada pada tahapan Pemilu 2024,” katanya.

Senada dengan Mayjen Totok, Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso juga sepakat menjaga kondusifitas dan perlu adanya cooling down dari TNI-Polri, masyarakat maupun media.

“Saya selaku Kapolda Sulsel bersama Pangdam ini sudah sepakat untuk menjaga kondusifitas kalau misal ada yang terjadi kita perlu adanya cooling down dari TNI-Polri baik masyarakat juga media,” kata Irjen Boedi saat jumpa pers di Aula Polrestabes Makassar, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jumat (14/4/2023) malam.

Setyo meminta semua pihak untuk mencegah isu liar yang berkembang pascacekcok polisi dan oknum TNI pada Rabu (12/4) dini hari hingga berujung penyerangan yang terjadi di sejumlah titik pada Jumat (14/4) dini hari. Dia menegaskan keamanan adalah hal yang sangat penting.

“Keamanan adalah sangat penting sehingga rekan-rekan kita harus sepakat untuk isu-isu yang berkembang bisa ditangani dengan baik,” kata Irjen Setyo Boedi.

Sebelumnya diberitakan, Irjen Setyo Boedi menjelaskan insiden penyerangan Polres Pelabuhan Makassar dipicu permasalahan antara polisi patroli dari Polrestabes Makassar dan oknum TNI pada Rabu (12/4) dini hari. Namun dia menegaskan masalah ini dapat diselesaikan dengan baik.

“Memang ada kejadian tentang kegiatan patroli dari Polrestabes Makassar yang ada trouble dengan satuan TNI dan Polri,” katanya.

“Kemudian belakangan sudah diambil langkah-langkah dengan baik, ada saling mendatangi kemudian saling memahami tentang apa yang terjadi sehingga masalah itu tidak berkembang,” pungkasnya.(*)

Pos terkait