Workshop Jurnalistik oleh PD IWO Sidrap: Mengasah Kompetensi Wartawan di Era Digital

GADINGNEWS, SIDRAP – Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sidrap akan mengadakan Workshop Jurnalistik Digital pada tanggal 15 Juli 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan wartawan dalam menghadapi tantangan di era digital.

Peserta workshop akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan konten jurnalistik yang relevan dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

Dalam workshop ini, peserta akan mempelajari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini serta dampaknya pada industri jurnalistik. Mereka juga akan diajarkan strategi dan teknik jurnalistik digital yang efektif, termasuk memahami algoritma dan optimasi konten untuk mesin pencari. Selain itu, peserta akan mempelajari etika jurnalistik digital, prinsip-prinsip dan cara menghindari penyebaran berita palsu.

Workshop ini juga akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mempraktikkan penulisan berita yang menarik dan informatif di era digital. Mereka akan mempelajari cara membangun narasi visual yang efektif menggunakan gambar dan video, serta teknik wawancara dalam era digital.

Selain itu, workshop ini juga akan membahas kolaborasi antara wartawan dalam menghadapi era digital dan peluang kerja baru dalam jurnalistik digital. Peserta akan diajak untuk menjalin kemitraan dengan platform media digital guna menyebarkan informasi secara efektif.

Diketahui workshop ini akan melibatkan narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidang jurnalistik digital, teknologi informasi, dan media sosial. Peserta yang diundang adalah anggota PD IWO Kabupaten Sidrap, wartawan, staf kehumasan instansi Pemerintah, TNI-Polri, pelajar, mahasiswa, serta praktisi media lainnya yang tertarik dengan jurnalistik digital.

Acara ini akan dilaksanakan selama satu hari penuh pada tanggal 15 Juli 2023. Tempat pelaksanaan workshop akan ditentukan kemudian dengan memperhatikan kapasitas dan kebutuhan peserta.

Untuk menutupi biaya acara, peserta workshop diharapkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) per peserta. Selain itu, PD IWO Kabupaten Sidrap juga akan mencari sponsor atau mitra kerja sama untuk mendukung keberlangsungan acara ini.

Ketua Bidang Informasi Teknologi (IT) PD IWO Kabupaten Sidrap, Narwadi, Jumat (9/6) menyampaikan harapannya agar workshop ini nantinya dapat memberikan wawasan baru, strategi efektif dan kolaborasi yang kuat antar wartawan di Kabupaten Sidrap.

Dengan terselenggaranya Workshop Jurnalistik Digital ini, diharapkan wartawan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan era digital dalam industri jurnalistik. Workshop ini juga akan menjadi platform bagi para peserta untuk saling berkolaborasi dan berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menyebarkan informasi secara efektif.

Sementara itu, Edy Basri, Ketua PD IWO Kabupaten Sidrap, menekankan pentingnya partisipasi aktif dari semua pihak terkait dalam workshop ini. Ia menyambut dengan baik respon positif dan dukungan dari PD IWO Kabupaten Sidrap, wartawan dan praktisi media lainnya.

Jurnalis senior di Sidrap ini berharap para peserta nantinya diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka dalam jurnalistik digital. Dengan memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, strategi jurnalistik digital yang efektif, serta prinsip-prinsip etika jurnalistik, para wartawan akan dapat menghasilkan konten yang menarik, akurat dan dapat diandalkan di era digital.

Workshop Jurnalistik Digital ini juga memberikan peluang bagi peserta untuk menjalin kemitraan dengan platform media digital. Dengan adanya kolaborasi antara wartawan, baik dalam memanfaatkan teknologi maupun dalam membagikan pengetahuan, industri jurnalistik di Kabupaten Sidrap dapat semakin berkembang dalam menghadapi era digital yang terus berkembang pesat.(*)

Pos terkait