Zulkifly Nanda: Selamat Tahun Baru Islam, Semoga Kita Bisa Menjadi Umat Yang Lebih Baik dalam Mengejar Ridho-Nya

GADINGNEWS, MAKASSAR – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifly menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Ia berharap semoga di momentum tahun baru Islam kali ini, kita bisa menjadi umat yang lebih baik dalam mengejar ridho-Nya.

Bacaan Lainnya

“Selamat Tahun Baru Islam 1446 H. Semoga di tahun baru ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik”, tulis dalam postingan akun @bappedakotamks.

Tanggal 1 Muharram menandai masuknya awal tahun baru dalam sistem penanggalan Hijriah. Di balik pemilihan 1 Muharram sebagai hari pertama kalender Hijriah, tersimpan sejarah yang menarik untuk ditelusuri.

Muharram adalah bulan pertama yang datang mendahului 11 bulan lainnya. Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Aceh, secara bahasa, Muharram berarti bulan yang diharamkan. Sebab, pada bulan tersebut, orang-orang Arab dilarang berperang satu dengan lainnya.

Selain itu, penamaan bulan ini juga disebabkan karena ia memiliki sejumlah keutamaan. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, terdapat keterangan yang berbunyi:

أَنَّالْمُحَرَّمَسُمِّيَبِذَلِكَلِكَوْنِهِشَهْرًامُحَرَّمًا،وَعِنْدِيأَنَّهُسُمِّيَبِذَلِكَتَأْكِيدًالِتَحْرِيمِهِ؛لِأَنَّالْعَرَبَكَانَتْتَتَقَلَّبُبِهِ،فَتُحِلُّهُعَامًاوَتُحَرِّمُهُعَامًا

Artinya: “Dinamakan bulan Muharram karena bulan tersebut memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan, bahkan bulan ini memiliki keistimewaan serta kemuliaan yang sangat amat sekali dikarenakan orang arab tempo dulu menyebutnya sebagai bulan yang mulia (haram), tahun berikutnya menyebut bulan biasa (halal).”

 

(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan