DPRD Putuskan 3 Besar Calon Pj Gubernur Sulsel Hari Ini

GADINGNEWS, MAKASSAR – DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) masih membahas 3 nama calon penjabat (Pj) Gubernur pengganti Andi Sudirman Sulaiman. Sudah ada 4 nama yang mengerucut dan akan diputuskan menjadi 3 nama untuk direkomendasikan ke Kemendagri.

“Mudah-mudahan besok (hari ini) kita rapat lagi konsultasi pimpinan dan ketua fraksi jam 1 siang,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni’matullah alias Ulla kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Bacaan Lainnya

Ulla mengatakan pembahasan 3 nama itu akan ditargetkan selesai sebelum pukul 16.00 Wita nanti. Dia menyebut akan dilakukan sistem voting jika belum menemui kesepakatan soal 3 nama yang akan diusul.

“Sebelum masuk paripurna jam 3 jam 4 ada gambaran. Kalau pada jam 1 itu tidak ada kesepahaman, ya kemungkinan besar kita voting di paripurna. Nah itu sementara ini,” bebernya.

Diketahui, 4 nama yang mengerucut saat ini ialah Staf Ahli Bidang Hukum Kemenkominfo Aswanto, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam Laksamana Muda TNI Abdul Rivai Ras, dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan RB Jufri Rahman.

Ulla menjelaskan, masing-masing fraksi hingga kini masih ngotot mengusulkan jagoannya. Makanya 3 nama calon yang akan direkomendasikan ke Kemendagri masih perlu difinalisasi dari 4 nama yang mencuat.

“Semua bertahan dengan pilihannya masing-masing. Yah agak repot. Karena kita 9 (fraksi) dan begitu mau dikerucutkan jadi tiga yah agak berat, ada nama yang dipilih dua. Iya kan. Sementara kami pimpinan kan hanya menjadi moderator karena kami tidak punya suara, yang punya suara untuk memilih itu ya fraksi,” terangnya.(*)

Pos terkait